Popular Post

Posted by : bluefatamorgana.blogspot.com Kamis, 11 Desember 2014

 TELUSURI KEINDAHAN NGLANGGERAN

Gunung Api Nglanggeran –  Embung & Kebun Buah Nglanggeran



Butuh petualangan dan tantangan dengan menikmati pemandangan alam nan indah namun tidak terlalu capek berlebihan? Wisata Nglanggeran solusi liburan tepat bagi Anda! Hanya dengan jarak tempuh 25 km dari pusat kota Yogyakarta, Anda sudah dapat merasakan panorama dan udara alam yang luar biasa.

Gunung Nglanggeran terletak di kawasan Baturagung di bagian utara kabupaten Gunung Kidul dengan ketinggian antara 200-700 mdpl dan tepatnya di desa Nglanggeran Kecamatan Patuk. Kawasan ini merupakan daerah yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua dan bentangan alam yang memiliki keindahan dan secara geologi sangat unik dan bernilai sangat tinggi. Menurut dari hasil penelitian dan sumber referensi yang ada, Gunung Nglanggeran dinyatakan sebagai Gunung Berapi Purba.

Ketika pertama kali menginjakkan kaki kita di Gunung Purba Nglanggeran kita akan merasakan atmosphere yang berbeda, udara nan sejuk tanpa polusi, angin sepoi-sepoi dan jantung kita berdegup kencang seolah-olah tak sabar untuk segera mendaki gundukan tinggi itu. Untuk mendaki Gunung Nglanggeran terdapat 3 gardu dengan dari ketinggian rendah, sedang dan sampai puncak gunung tertinggi. Untuk mencapai puncak dibutuhkan stamina yang fit, dikarenakan bebatuan yang sangat terjal dan licin, apabila kita tidak focus maka bisa tergelincir. Yang paling unik ketika mendaki di Gunung Nglanggeran, Anda akan menemukan lorong sempit yang menanjak yang lebarnya hanya setubuh manusia normal dan di bantu hanya menggunakan tangga kayu. Perlu kehati-hatian untuk melewati tantangan lorong sempit ini, namun ketika Anda berhasil melewatinya maka pos gardu 1 sudah sukses Anda lalui. Ketika Anda sudah berada di pos 1, Anda akan melihat hamparan sawah yang sangat luas, pemandangan nan hijau yang sangat asri dan tentunya Anda akan bersyukur tentang kebesaran Tuhan. Eits, tapi ini masih hanya pos 1, pos 2 dan pos 3 pasti akan lebih amazing lagi. Setelah keringat yang bercucuran telah mengering, saatnya untuk action lagi melakukan pendakian. Singkat cerita setelah sampai di puncak tertinggi, maka Anda akan melihat kota Yogyakarta dari ketinggian jauhan nampak seperti kerlipan-kerlipan indah yang dinamis, udara segar sang angin membelai tubuh kita, dan mata kita terbelalak oleh pemandangan nan hijau.


Tak puas mendaki dan menjelajahi sang gunung, saatnya tiba melanjutkan perjalanan ke Embung & Kebun Buah Nglanggeran yang letaknya tak jauh dari Gunung Api Purba dengan menempuh perjalanan kira-kira 1,5 Km Anda sudah sampai  di destinasi kolam raksasanya Gunung Kidul.


Ketika Anda sampai di Embung Nglanggeran, dipastikan mata Anda terbelalak dan tak henti-hentinya menikmati pemandangan ciptaan Tuhan. Embung Nglanggeran ini yang baru saja diresmikan pada tanggal 19 Februari 2013 sudah ramai yang berdatangan wisatawan. Tujuan wisata Embung Nglanggeran dijadikan sebagai kawasan agrowisata kebun buah di sekitar Embung dengan skala besar di dataran tinggi sekitar kawasan ekowisata Gunung Api Purba.


Bagi Anda pecinta fotografi jangan lewatkan moment keindahan pemandangan pegunungan dan embung yang indah dengan mengabadikan moment sunset dengan latar hamparan air. Selain menikmati obyek wisata tersebut, Anda juga dapat menyaksikan dan menikmati kebun buah dengan berbagai varian buah segar khususnya kelengkeng dan durian. Kebun buah ini terletak berada disekitar embung seluas hampir 1 hektar di ketinggian 495 dpl dan embung mampu mengairi perkebunan tersebut seluas 20 hektar.
 

Nah, bagaimana dengan visualisasi pemandangan di Gunung Nglanggeran-Embung & Kebun Buah Nglanggeran? Apakah membuat Anda semakin penasaran dan ingin mencoba merasakannya?  Warnailah hari libur Anda untuk mengunjungi tempat wisata yang indah dan berkualitas. Temukan sapaan sang alam hanya di Gunung Nglanggeran – Embung & Kebun Buah Nglanggeran.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My Life is an Adventure - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -