Popular Post

Posted by : bluefatamorgana.blogspot.com Selasa, 02 Desember 2014

JOGJA IS PARADISE


Pulang ke kotamu
Ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu
Tiap sudut menyapaku bersahabat,
penuh selaksa makna
Terhanyut aku dalam nostalgi
Saat kita sering luangkan waktu
Nikmati bersama
Suasana Jogja… .



Cukup merinding kangen kalau mendengar lagu Yogyakarta yang telah dipersembahkanoleh Group Band Kla Project. Syairsyair lagu ini akan selalu ada dibenak para pecinta Jogja yang khususnya pernah singgah di kota budaya tesebut. Bagaimana tidak, setiap liriknya mengandung unsur-unsur kenangan apa yang ada di sana.


Kenangan apa saja yang ada di Yogyakarta? Kenangan ke-surga-an Jogja pastinya. Kenang dan bayangkanlah ketika kamu di sudut pandang seorang perantau dari luar kota Yogyakarta. Ketika kamu menginjakkan kaki di Yogyakarta, rasakan auranya, hirup dan rasakan udara Jogja kemudian hembuskan perlahan. Nikmat dan dahsyatnya ketika angin semilir menghampirimu. Setelah Anda berkeliling-keliling kota Yogyakarta pasti ada sesuatu yang unik di kota ini dan serasa takjub sehingga terus untuk menikmati dan memandang sang kota. Jika sobat ke Jogja merantau dan menimba pendidikan, rasakan gaya berteman sahabat Jogja yang unik, mungkin ada beberapa teman-teman yang kelihatan cupu ‘ndeso’ sederhana dan para mahasiswanya mempunyai semangat gotong royong kebersamaan. Tumbuh rasa haru, ketika sedang sakit banyak teman yang menengok atau ketika uang kiriman dari orang tua yang terlambat terpaksa deh makan seadanya bersama teman-teman nongkrong di angkringan dengan hanya mengeluarkan kocek 5.000 rupiah saja sudah mendapatkan nasi kucing, gorengan, sate dan es teh. Biaya ngirit hati pun senang dengan candaan tawa bersama teman-teman. Terlebih lagi apabila Anda nongkrong di daerah sepanjang jalan Malioboro maka Anda akan banyak menemukan lesehan yang menjajakan beraneka masakan seperti gudeg, seafood dan lalapan. Klimaks kepuasannya bukan hanya pada makanan tersebut dengan apa yang Anda santap, melainkan kita bisa menikmati hiruk pikuk suasana Malioboro dan lantunan lagu-lagu pengamen jalanan.

Tak cukup puas bila Anda di Yogyakarta tidak menyempatkan waktu untuk berwisata, karena setiap sudut Jogja selalu menawarkan pemandangan yang wajib Anda datangi. Tak perlu dengan budget yang cukup banyak untuk memuaskan kebutuhan rohani Anda. Dengan bis atau sepeda motor dan modal uang saku yang lumayan, tentunya sudah siap untuk menyenangkan batin Anda. Lihat daerah utara (Sleman) terdapat wisata Gunung Merapi, Kaliurang, Monumen Jogja Kembali, Candi Kalasan, Candi Prambanan, Kalidem, Candi Ratu Boko dan masih banyak lagi. Daerah selatan (Bantul) akan sobat temui Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Depok, Pantai Parangendog, Pantai Samas, Pemandian Parangwedang dan masih banyak lagi. Daerah barat (Kulon Progo) sobat akan bertemu Pantai Glagah Indah, Pantai Congot, Pantai Bugel, Wisata Kalibiru, Puncak Suroloyo dan Goa Kiskendo. Selain itu daerah timur (Gunung Kidul) temukan Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Kukup, Pantai Ngobaran, Pantai Drini, Pantai Siung, Pantai Wediombo, Pantai Siung, Sungai Oya dan masih banyak lagi. Yang terakhir, wilayah tengah (Kota Yogyakarta) dan wajib selalu didatangi oleh wisatawan yaitu Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Malioboro, Tamansari, Alun-Alun Kidul, Alun-Alun Utara, Gembira Loka dan lain-lain.
Disamping sebagai kota budaya dan kota pelajar, Yogyakarta juga kota wisata dan sungguh mengagumkan. Apakah masih tak puas dengan hanya berwisata saja? Lanjutkan dengan wisata kuliner, banyak sekali makanan khas Jogja selain gudeg, seperti sate klathak, sate sayur sapi, mangut lelet dan lain-lain. Jika sobat adalah anak muda dan gemar nongkrong di berbagai sudut kota, jangan khawatir wilayah daerah Taman Siswa, Kotabaru, Gejayan dan Seturan banyak sekali kafe-kafe yang bisa sobat tongkrongin dan tentu dengan kocek yang minim.

Inilah ke-surga-an kota Yogyakarta yang menjadi idaman para penikmatnya, siapa pun yang pernah berkunjung ke Yogyakarta pasti tak akan pernah melupakan kenangan yang telah mereka ukir, baik dari kenangan menimba pendidikan, nongkrong bersama temanteman lokal maupun perantau, adventure wisata dan kisah drama percintaan di kota tercinta ini.
Semoga Yogyakarta akan selalu tekenang dihati dan memori Anda.

(Penulis merasa rindu dengan Jogja, 1 tahun merantau (2012) ke luar Jawa dan akhirnya kembali ke Jogja (2013), karena Jogja sungguh ISTIMEWA)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My Life is an Adventure - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -