Popular Post

Posted by : bluefatamorgana.blogspot.com Minggu, 20 September 2015

HUNTING FOTO DI KALIBIRU


Wisata Kalibiru, siapa sih yang belum pernah mendengar salah satu obyek wisata terkeren ini di Kulon Progo Yogyakarta? Para netizen dan traveller sempat dihebohkan wisata Kalibiru ini karena view pemandangannya yang luar biasa pada pertengahan tahun 2014 lalu. Pengelola wisata Kalibiru begitu apik dalam mengemas dan mempromosikan wisata Kalibiru dengan icon foto spot di atas pohon menghadap view Waduk Sermo. Melihat spot view yang begitu memukau, siapa sih yang gak naksir untuk langsung hunting foto ke Kalibiru? Pastinya banyak traveller yang ingin mengunjunginya kesana.


Wisata Kalibiru terletak di perbukitan Menoreh, tepatnya di Desa Hagrowilis, Kecamatan Kokap, Kulonprogo. Untuk mengunjunginya dibutuhkan jarak tempuh kurang lebih 45 km dari kota Yogyakarta, dengan waktu tempuh 1,15 jam (waktu tempuh normal). Dari kota Jogja menuju kota Wates, jalannya hanya lurus terus mengikuti jalan ke arah Wates dan lancar beraspal, tetapi ketika menuju obyek wisata Kalibiru Anda akan disuguhkan trek jalan yang menanjak curam menikuk. Anda harus berhati-hati untuk perjalanan menuju kesanannya, dibutuhkan alat transportasi yang mendukung sangat kuat untuk menanjak. Untuk pengendara sepeda motor Anda harus ancang-ancang untuk naik menanjak curam (jauh lebih ekstrim dari tanjakan curam Gunung Kidul), dan pengendara mobil juga dipastikan harus ahli dan berani dalam mengendarainya. Jalan tanjakan Kalibiru memang tidak besar, lebarnya hanya semobil saja, jadi bergantian dengan arah yang akan berpapasan. Tetapi tenang saja, sebelum pada jalan tanjakan curam ada petugas yang menjaga menggunakan HT dan mengarahkan Anda untuk naiknya. 


Sesampai di obyek wisata Kalibiru sebelum pintu loket, Anda juga harus menanjak naik jalan kaki, ini dibutuhkan stamina kuat atur pernafasan yang teratur dan jangan lupa bawa air mineral. Setelah sampai di pos loket karcis Anda akan dikenakan biaya retribusi obyek wisata Rp 5.000,-/orang. Jika masih terengah-engah untuk melanjutkan perjalanan, Anda bisa duduk beristirahat pada tempat duduk yang sudah disediakan pengelola wisata. Keringat sudah hilang dan sudah tidak terengah-engah, bersiap untuk melanjutkan perjalanan yang tidak begitu menanjak lagi. Sesampai di atas, Anda akan merasakan semilir angin yang menyejukkan di bukit Kalibiru. 


Inti datang ke Kalibiru adalah hunting foto pemandangan view terindah di Kalibiru dan spesial spot foto icon di atas pohon menghadap Waduk Sermo. Sesampai di atas bukit sana, Anda saya sarankan untuk langsung antri dengan membeli tiket nomor antrian foto di atas pohon, karena dijamin antriannya sungguh sangat panjang (untuk foto diatas pohon itu saja kita harus mengantri 1,5 jam lamanya). Biaya tiket untuk bisa foto di atas pohon Rp 15.000,-/orang dan bila ingin menggunakan jasa fotografer dari pengelola biaya Rp 5.000,-/foto (pengambilan foto minimal 3 foto). Usai mendapatkan tiket antrian sembari menunggu antrian untuk foto diatas pohon, saya sarankan Anda untuk duduk-duduk bersantai dahulu di spot tempat-tempat duduk yang sudah disediakan sambil atur nafas Anda karena kelelahan berjalan menanjak. Sembari menunggu antrian Anda bisa lakukan selfie-selfie dahulu, atau hunting foto alam Kalibiru. Tiap sudut alam bukit Kalibiru sungguh indah mempesona, membuat gairah Anda lekas ingin mengabadikan moment Anda bersama alam Kalibiru. 


Mendekati nomor tiket antrian kita dipanggil oleh pengelola, maka bersiap-siaplah untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Sebelum naik keatas badan Anda akan dipasangin pengaman sesuai SOP dari pengelola. Tibalah saya naik ke atas pohon **saya orang takut ketinggian dan terpaksa harus naik pohon demi bisa hunting foto di icon Kalibiru. Sudah diatas pohon, fotografer mengarahkan gaya tetapi saya deg-deg an takut ketinggian, disamping itu banyak orang yang memperhatikan saya, nah semakin hot groginya saya. Hanya beberapa foto yang berhasil saya abadikan di icon spot Kalibiru tersebut, karena ketakutan saya akan ketinggian.


Usai foto di spot icon Kalibiru, kemudian saya menuju spot lainnya untuk hunting foto-foto lainnya. Banyak beberapa spot yang keren untuk diabadikan. Dikarenakan senja semakin menggelap, saya putuskan untuk bergegas pulang agar perjalanan pulang kami tidak begitu gelap mengingat medan yang begitu curam. Saya sarankan juga, untuk melakukan hunting foto di Kaibiru sangat direkomendasikan di pagi hari jam 8.30an atau di sore hari jam 16.30an karena view moment yang bagus. Hindari hunting foto ketika moment berkabut dan musim hujan. Selain itu jika ingin lebih puas lagi melakukan hunting foto, lakukanlah di hari kerja Senin – Kamis (inilah hari yang sepi tidak banyak pengunjung yang datang). 


Semoga review mengenai Kalibiru yang saya paparkan dapat bermanfaat bagi pembaca yang ingin mengunjungi obyek wisata Kalibiru. Yuukk semangat berhunting foto ke Kalibiru..


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My Life is an Adventure - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -