Popular Post

Posted by : bluefatamorgana.blogspot.com Senin, 20 April 2015

THINK GLOBALLY,  ACT LOCALLY !


Filosofi  “think globally, act locally” diartikan sebagai membuka pikiran secara seluas- luasnya dan melakukannya secara sederhana di lokal kita. Think globally, act locally merupakan sebuah kalimat yang sederhana namun memiliki filosofi yang mendalam sehingga dapat kita jadikan sebagai suatu prinsip dalam berfikir dan bertindak.

Sekarang merupakan era zaman global, sehingga secara bijak dituntut seorang masing-masing individu untuk berfikir secara global dan meluas. Dunia tidak hanya sempit yang kita tapaki, dunia begitu luas dan masih banyak segala sesuatu yang untuk kita ketahui. Walaupun dunia begitu luas, namun dengan pesatnya perkembangan ilmu teknologi informasi membuat kita semakin mudah untuk connect dan mendapatkannya.

Pada era teknologi informasi yang menguntungkan ini dalam menyikapi think global act locally dapat kita korelasikan ke budaya, lingkungan, politik, ekonomi, sosial dan lain-lain. Untuk berfikir secara global dibutuhkan beberapa sikap yang mendasar, yaitu innovative, adaptive dan selective. Ketiga unsur mendasar tersebut pernah diutarakan oleh Ki Hajar Dewantara, dimana dalam berfikir global kita harus menyikapinya dengan ketiga unsur itu.

Berfikir secara global, berarti kita harus adaptive, dimana kita harus terbuka agar tidak tertinggal oleh jaman, karena ilmu itu selalu dinamis. Innovative memberikan value atau nilai lebih apa yang telah kita terima, tentunya harus sesuai dengan budaya kita, agar dapat berdaya guna bermanfaat bagi diri kita maupun orang lain. Selective, pilih dan pilahlah mana yang baik untuk diadopsikan dalam budaya kita, karena era global tak selamanya positif saja, ada pula hal-hal negative yang perlu kita jauhi.

Secara tindakan locally, hal yang pertama kita lakukan adalah mencintai diri sendiri dan tanah air kita, lakukan hal yang terbaik (misal kegiatan alam : kegiatan mencintai alam, melakukan reboisasi; kegiatan sosial : berbuat baik terhadap sesama melakukan bakti sosial/humanism; kegiatan ekonomi : kegiatan menciptakan ekonomi creative berwirausaha; kegiatan budaya : jangan malu dan menyembunyikan jati diri budaya negeri Anda, perkenalkanlah budaya ke global; kegiatan teknologi informasi : pergunakanlah ilmu teknologi informasi sebaik-baiknya untuk kegiatan yang bermanfaat).

Jadikanlah era global dan teknologi informasi ini menjadi era yang menguntungkan bagi kita, karena dapat mefasilitasi segala kebutuhan komunikasi kita. Think globally, act locally kita jadikan sebagai sarana menyikapi perubahan zaman untuk lebih baik lagi.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My Life is an Adventure - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -