Popular Post

Posted by : bluefatamorgana.blogspot.com Selasa, 17 Februari 2015

GOA RANCANG KENCONO


Bicara tentang Gunung Kidul, memang tidak ada habisnya. Tempat wisata di Jogja ya paling banyak memang ada di Gunung Kidul. Apa saja memang ada disana, dari pantai, goa, sungai dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin berkunjung ke tempat wisata yang berbeda, nah maka Anda bisa coba datang ke Goa Rancang Kencono. Goa Rancang Kencono merupakan salah satu goa purba yang sangat menarik untuk Anda kunjungi. Goa Rancang Kencono terletak di desa Bleberan Kecamatan Playen dan keberadaannya dimungkinkan sudah berusia ratusan tahun atau bahkan hingga ribuan tahun lamanya. Nama Goa Rancang Kencono didapat karena Goa ini digunakan oleh Laskar Mataram dulunya untuk merancang strategi perang melawan penjajahan Belanda hingga digunakan juga untuk strategi perlawanan terhadap PKI.


Anyway busway, di Goa Rancang terdapat sebuah pohon purba yang kokoh dan alami keberadaannya. Pohon tersebut dinamakan pohon Klumpit (Terminalia Edulis), sebagian masyarakat sekitar percaya bahwa kayu tersebut dapat memudahkan permohonan yang bersifat keduniawi-an. Nah lho, anggap saja hal tersebut sebagai budaya, tetapi untuk permohonan apapun sejatinya kita berlindung kepada Tuhan YME.


Goa ini cukup bersih dan menawarkan ornament bebatuan yang khas. Terdapat beberapa sisi yang susah kita masuki didalamnya, untuk masuk kedalam sisi tersebut kita harus bergantian dengan teman kita. Ada juga terdapat sisi yang dianggap mistis dan dilarang berbuat yang tidak wajar, ya makhlum karena Goa ini juga digunakan pertapaan oleh orang-orang dahulu. Jadi apabila teman-teman berwisata dimohon juga untuk berbuat sopan dan bertutur kata dengan baik. 


Cukup disayangkan, di dinding goa terdapat beberapa coretan-coretan dari orang-orang jail berbuat vandalism. Jadi berwisatalah yang baik, menjaga alam dan lingkungan kita dengan memperindahnya bukan untuk merusak.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My Life is an Adventure - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -